10 Daftar Sepatu Olahraga Termahal di Dunia, hingga Miliaran!

 Terdapat berbagai macam atribut olahraga, namun diantaranya, sepatu merupakan salah satu atribut utama yang wajib digunakan saat berolahraga. Mulai dari olahraga basket, sepak bola, tenis, hingga olahraga ringan seperti jogging.

Sepatu olahraga begitu banyak dicari, tidak heran jika para produsen sepatu dunia terus berlomba-lomba berinovasi untuk menciptakan desain-desain sepatu olahraga yang menarik minat pembeli.

Harga yang ditawarkannya pun sangat beragam, mulai dari ratusan ribu, puluhan juta, bahkan hingga miliaran rupiah. Nah, kali ini terdapat 10 deretan sepatu termahal yang pernah terjual di dunia, Apakah sepatu idolamu salah satunya?

Daftar Sepatu Olahraga Termahal di Dunia

Selain kualitas yang diincar para pelaku olahraga, model sepatu olahraga yang unik dan modis juga jadi alasan dalam pembelian. Bukan hanya untuk berbagai pelaku olahraga profesional, para kolektor sepatu olahraga juga berlomba-lomba untuk mengumpulkan berbagai model dan jenis sepatu termahal.

Agar tak penasaran, yuk simak daftar sepatu olahraga termahal di dunia berikut ini!

1. Air Jordan 1 High

Air jordan 1 high

Sepatu Air Jordan 1 High merupakan sepatu olahraga termahal di Dunia. Tidak tanggung-tanggung, saat lelang dibuka sepatu ini berhasil terjual pada harga 615.000 dolar AS atau setara dengan Rp8,8 miliar.

Air Jordan 1 High merupakan sepatu legendaris yang pernah digunakan oleh Michael Jordan saat pertandingan tahun 1985 di Italia. Saat itu ia melepaskan dunk yang sangat keras hinga memecahkan sebuah papan kaca.

Ia juga mengenakan sepatu tersebut dan mencetak 30 poin bersama tim NBA Chicago Bulls. Sepatu tersebut sangat berharga karena sejarah yang pernah terukir bersama sepatu tersebut.

2. Nike Moon Shoe 1972

Nike Moon Shoe 1972

Sepatu Nike Moon Shoe 1972 dilelang Sotheby’s lewat marketplace Stadium Goods.

Miles Nadal, merupakan pengusaha asal kanada yang beruntung mendapatkan sepatu langka bersejarah tersebut.

Sepatu yang dirilis tahun 1972 ini berhasil laku pada harga 437.500 dollar AS atau lebih dari Rp 6,2 miliar. Harga yang mencengangkan, sebab sepatu tersebut laku jauh lebih tinggi dari harga prediksi awal.

Atlet yang menggunakan sepatu ini adalah Dave Russell seorang atlet pelari marathon pada olimpiade 1972 di Eugene, Oregon, Amerika Serikat.

3. Diamond Studded Nike Boots

Diamond studded nike boots

Diamond Studded Nike Boots ini berhasil dijual seharga USD 218 ribu atau sekitar Rp 3,1 miliar. Wajar saja terjual dengan harga tersebut, pasalnya sepatu tersebut didesain oleh desainer terkenal, Luisa Di Marco.

Sepatu ini bertaburkan berlian sebanyak 7.444 buah yang terdiri berlian hitam dan batu sapphire. Hebatnya lagi, sepatu termahal di dunia ini dibuat hanya 3 pasang dan pernah dipakai oleh pesepakbola Inggris, John Terry, Wayne Rooney dan Rio Ferdinand.

Kemudian mereka melelang sepatu ini pada acara amal yang diadakan oleh Dream Foundation, sebuah yayasan sosial bentukan Rio Ferdinand, dan hasil penjualannya sepenuhnya diperuntukkan untuk yayasan tersebut.

4. Nike Mag Self-Lacing Training Shoes

Nike Mag Self-Lacing Training Shoes

Sepatu yang satu ini terinspirasi oleh sepatu Marty McFly di Back to the Future II. Sepatu Self-Lacing Nike Mag ini begitu mencuri perhatian karena dirilis pada tahun 2016, setelah 27 tahun filmnya keluar.

Selain visual yang sangat menarik, sepatu ini begitu nyaman digunakan berkat teknologi self-lacing. Sepatu ini berhasil dijual oleh Michael J. Fox Foundation pada November 2016, dengan harga 200.000 USD!

5. Nike Air Jordan 12 “Flu Game”

Nike Air Jordan 12 _flu game_

Sepatu ini memiliki sejarah dan cerita yang menarik didalamnya, dari namanya sendiri mungkin kamu sudah bisa menebak. Sepatu ini digunakan oleh Michael Jordan saat ia terkena flu pada di tahun 1997 dan mencetak 38 poin dalam permainannya.

Sehabis pertandingan, ia memberikan sepatu tersebut kepada seorang ball boy, lalu ia menjualnya kepada pembeli tak dikenal dengan harga $104.765 atau setara dengan 1.5 miliar rupiah. Sepatu ini menjadi salah satu sepatu langka yang memiliki sejarah unik didalamnya.

6. Air Jordan Silver Shoes

Air Jordan Silver Shoes

Glamor, mungkin itulah kesan pertama yang terlihat dari sepatu ini. Bukan hanya kilauannya yang membuat sepatu ini diperebutkan, tapi juga karena adanya tanda tangan pemain basket terkenal, Michael Jordan, yang menghiasi sepatu ini.

Seorang penjual di Ebay melelang sepatu ini dan berhasil menjualnya seharga USD 60.000 atau sekitar Rp862 juta kepada penggemar berat Michael Jordan. Harga yang cukup fantastis untuk ukuran sepasang sepatu. Penjualnya mengaku Air Jordan Silver ini merupakan hadiah ulang tahunnya beberapa tahun lalu.

7. Nike Air Zoom Kobe 1

Nike air zoom kobe 1

Nike Air Zoom Kobe 1 ini dibuat dalam 4 edisi kota, yaitu Los Angeles, Chicago, Texas dan New York, dijual dengan harga USD 30.000 atau sekitar Rp431 juta. Tidak banyak pembeda antara keempat edisi ini, yang berbeda hanyalah logo kota yang terdapat di bagian atasnya.

Namun, jika kamu tertarik untuk memiliki sepatu tersebut, kamu terpaksa harus mengurungkan niat, karena Nike Air Zoom Kobe 1 hanya dibuat sebanyak 25 pasang, dan semuanya telah habis terjual. 10 persen dari hasil penjualan 25 pasang sepatu ini disumbangkan ke sebuah yayasan sosial.

8. Gold Running Shoes

Gold running shoes

Sepatu olahraga terbuat dari emas? Mungkin jarang terdengar dan tentunya diproduksi terbatas. Sepatu ini bukan terbuat dari pahatan batangan emas, jadi kaki tidak akan merasa berat saat harus memakai sepatu ini.

Sepatu ini dinamai Gold Running Shoes karena bagian luar sepatu dilapisi emas murni sebanyak 620 gram. Sepatu yang sempat dipajang di Shanghai Golden Grand Prix At pada tahun 2007 ini berhasil terjual seharga USD 24.000 atau sekitar Rp344 juta.

9. Nike SB Flom Dunk High

Nike SB Flom Dunk High

Masih dari pabrikan Nike, sepatu olahraga yang satu ini pasti akan membuat kamu jatuh cinta pada pandangan pertama dan langsung ingin membawanya pulang. Didesain dengan warna dasar hitam dan putih, dilengkapi dengan aksen berwarna emas dan merah yang begitu menonjol, sepatu ini akan mampu membuat pemakainya terlihat sporty sekaligus elegan.

Tertarik untuk menambahkan Nike SB Flom Dunk High ke dalam koleksi sepatu olahraga kamu? Kamu bisa langsung membawanya pulang dengan harga  USD 7.500 atau sekitar Rp 107 juta. Harga yang cukup membuat geleng-geleng kepala untuk sepasang sepatu.

10. Nike ParaNorman Foamposite

Nike ParaNorman foamposite

Sepatu ini cukup populer dengan harga yang lumayan fantastis, untuk satu pasang sepatu ini dibandrol seharga USD 3.000 atau sekitar Rp43 juta. Ada harga, ada kualitas, tentu kamu tidak akan menyesal membeli sepatu ini.

Selain desainnya yang stylish dan nyaman digunakan, Nike ParaNorman Foamposite juga dilengkapi dengan efek “glow in the dark” atau bisa menyala dalam keadaan gelap. Sayangnya, sepatu ini adalah edisi terbatas, dani hanya dibuat eksklusif sebanyak 800 pasang saja.

Nono4D

Nono4D

Nono4D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *