Jangan Salah Pilih Sneakers Bekas, Ini Cara Mudah Bedakan Asli atau Palsu

Penjualan sepatu kets, atau sneakers bekas seperti Nike dan Adidas makin banyak di media sosial.

Sepatu branded impor yang  dijual di media sosial itu banyak diburu oleh penggemar barang-barang bekas atau thrifting karena harga yang masih relatif terjangkau.

Namun, pastikan Anda tidak tertipu. Alih-alih ingin tampil gaya dengan budget minim, tapi malah keliru membeli sneakers palsu.

Sebenarnya untuk menentukan bahwa sneakers itu asli atau palsu sangat mudah. Ada beberapa tips  yang bisa menjadi acuan, dilansir dari berbagai sumber.

Berikut cara mudah membedakan sneaker asli atau palsu :

1.Gunakan boks resmi

Semua sepatu asli memiliki boks resmi. Semisal branded Adidas dan Nike, jika membeli impor, akan dikirim beserta boks resminya.

Perlu diketahui juga, warna boks resmi ini tidak selalu sama. Namun yang tetap sama adalah label produksi. Bentuk stiker ini bisa di sisi kotak atau di atas.

Stiker berisi kode SKU. Kemudian ada petunjuk penggunaan dan perawatan dan cap quality control.

Adapun sepatu palsu, biasanya pembeli diberikan boks yang tidak asli. Bila tidak ada dus, sebaiknya berpikir lagi untuk membeli.

  1. Kode SKU di sepatu sama dengan di boks.

Pastikan kode SKU di sepatu dan boks sama. Di dalam sepatu juga diberi label keaslian barang, biasanya di bagian sepatu bagian samping dan belakang lidah sepatu.

Pastikan kode yang ada di dalam sepatu sama dengan yang ada di boks.

  1. Detail Fisik Sepatu

Tips berikutnya dengan melihat detail fisik sepatu. Sebagai contoh, sepatu Adidas memiliki sol terbuat dari karet berkualitas. Yakni BRS 1000 rubber.

Untuk menentukan sol berkualitas atau tidak bisa diraba. Tekstur sol biasanya keras dan padat, meski demikian tetap elastis dan dapat ditekan.

Bisa juga dengan menggunakan penciuman. Sol sepatu asli memiliki bau seperti  karet, tapi sepatu asli baunya seperti lem atau plastik.

  1. Snekaers asli memiliki insole

Pengertian insole adalah pelapis kaki bagian dalam alias tempat pijakan kaki. Sepatu asli biasanya memberikan insole ini dan meletakkan identitas mereka di atasnya. Rasanya sangat halus jika dipijak dan sangat detail.

  1. Bentuk jahitan

Sepatu asli memiliki kualitas jahitan yang lebih baik, karena menggunakan quality control.

Biasanya terlihat rapih dan padat. Adapun sepatu palsu cenderung asal-asalan. Ada benang  yang berantakan. Parahnya, kadang bentuk jahitannya miring.

Desain label juga bisa dilihat. Untuk sepatu asli, biasanya miring atau terlalu melebar.

  1. Harganya mahal

Sepatu asli branded pada dasarnya memiliki harga yang relatif mahal. Harganya sangat bervariatif tergantung modelnya.

Karenanya jangan sampai tertipu dengan harga murah meski sepatu bekas sekalipun.

 

nono4d

nono4d

nono4d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *