Sepatu Michael Jordan laku Rp32 miliar, jadi sepatu paling mahal dalam sejarah

Sepatu Michael Jordan laku Rp32 miliar, jadi sepatu paling mahal dalam sejarah

Sepasang sepatu olahraga yang pernah dikenakan oleh legenda bola basket Michael Jordan telah terjual seharga $2,2 juta (Rp32,6 miliar) dalam sebuah lelang, menjadi sepatu termahal yang pernah dijual dalam sejarah.

Sepatu sneakers yang ditandatangani sang atlet – yang awalnya diperkirakan rumah lelang Sotheby’s akan terjual $2 juta hingga $4 juta – adalah salah satu barang milik Jordan paling mahal yang pernah dilelang.

Seragam yang dikenakannya pada babak final NBA 1998 terjual pada tahun 2022 seharga $10.1 juta (Rp149,9 miliar).

Penjualan terbaru ini mengukuhkan posisi Jordan sebagai atlet paling berharga dalam lelang memorabilia pakaian olahraga.

“Hasil yang memecahkan rekor hari ini semakin membuktikan bahwa permintaan untuk memorabilia olahraga Michael Jordan terus mengungguli dan melampaui semua ekspektasi,” kata Brahm Wachter, kepala divisi Streetwear dan Modern Collectables Sotheby’s.

Rekor sebelumnya untuk sepatu Jordan adalah $1,47 juta (Rp21,8 miliar), yaitu untuk sepasang sepatu Nike Air Ships miliknya yang dilelang pada tahun 2021.

Air Jordan XIII yang dijual pada hari Selasa (11/04) dikenakan oleh sang bintang bola basket selama musim kejuaraan terakhirnya bersama Chicago Bulls pada 1997-98.

Jordan mengenakan sepatu ukuran 13 itu ketika ia mencetak 37 poin di Game 2 seri Final NBA 1998, membawa Bulls meraih kemenangan 93-88 atas Utah Jazz.

Bulls kemudian memenangkan kejuaraan, sebuah kisah yang diceritakan dalam serial dokumenter tahun 2020 “Last Dance” tentang musim terakhir sang megabintang bersama timnya.

Kejuaraan tahun 1998 adalah kejuaraan NBA keenam Jordan dan kelima kalinya dia dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) di NBA.

  • Bangkrut, mantan kiper timnas Inggris lelang memorabilia
  • Naskah peraturan bola basket terjual US$4,3 juta
  • Koleksi anggur langka Alex Ferguson dilelang

Tepat setelah memenangkan Game 2, Jordan memberikan sepatu itu kepada seorang pemungut bola di ruang ganti sebagai ucapan terima kasih karena telah menemukan jaketnya yang hilang, kata rumah lelang Sotheby’s.

Air Jordans “Bred” – kependekan dari “black and red” – adalah satu-satunya sepatu sneakers lengkap yang pernah dikenakan oleh Jordan dalam pertandingan Final NBA dan telah diautentikasi, kata Sotheby.

Jordan mengenakan sepatu Air Jordan pertama pada tahun 1984 selama musim awalnya bersama Chicago Bulls. Air Jordan I dijual untuk masyarakat umum pada tahun berikutnya. Sampai saat ini, lebih dari 30 model Air Jordan telah dibuat.

Jordan memenangkan total enam kejuaraan Final NBA, dua Medali Emas Olimpiade dan banyak penghargaan lainnya.

Ia secara luas dianggap sebagai salah satu atlet terhebat sepanjang masa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *