Informasi Seputar Masakan Dan Kuliner Terupdate

Library Cook

Ragam Kuliner Khas Cianjur Yang Banyuak Diburu di Bulan Ramadan

Manisan Cianjur

Library Cook, Cianjur memiliki ragam kuliner yang pas di lidah. Ada beberapa kuliner yang jadi buruan untuk takjil di bulan ramadan tahun ini. Apa saja?

1. Rogan Soup

Rogan Soup merupakan makanan inovasi yang kini menjadi kuliner khas Cianjur. Nama Rogan sendiri diambil dari bahan baku utama yakni Roti dan Dawegan.

Kuliner yang mulai populer sejak beberapa tahun lalu ini memiliki citarasa yang unik. Gurihnya kelapa bercampur dengan manisnya roti dan susu kental manis menjadi perpaduan rasa yang kaya.
Tak hanya itu, kolang-kaling dan kacang hijau menjadi pelengkap kuliner tersebut. Aroma khas daun pandan dalam kuah dan daun pisang yang menjadi pembungkus kuliner memuat makanan tradisional Cianjur makin menggugah selera.
Setelah dibungkus rapat, kemudian Rogan dimasukkan dalam panci untuk dikukus. Setelah 20 menit dikukus, rogan sudah bisa disajikan dan disantap.

Pengusaha Rogan Sup Kurniawati mengatakan kuliner tersebut merupakan makanan tradisional yang memang jarang diolah. Bahkan resep rogan yang dia buat merupakan resep dari orangtuanya.

“Kuliner ini sebenarnya resep dari orangtua saya, memang tidak banyak yang tahu dan membuat. Tapi setelah coba buat dan dijual, ternyata banyak yang suka,” ujarnya, Selasa (2/4/2024).

Kurniawati, mengatakan di momentum Ramadhan ini, penjualan Rogan meningkat. Jika biasanya dalam sehari hanya hanya 400 bungkus, kini bisa habis 800 bungkus.

“Pembelinya tidak hanya dari Cianjur, tapi juga ada pesanan dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, dan Sukabumi,” tuturnya.

2. Mie Golosor

Mie Golosor merupakan makanan khas yang jarang ada di bulan-bulan biasa. Namun kuliner ini banyak dijual dan muncul setiap bulan suci ramadan.

Bahan baku kuliner mie berwarna kuning ini ialah mie aci atau mie dari tepung tapioka. Setelah direbus, mie ini dilengkapi dengan sayuran berupa kol dan sayur tambahan lainnya.

Mie golosor ini pun memiliki bumbu pelengkap berupa sambal kacang. Namun bukan sambal kacang yang kental, mainkan sedikit encer dengan cita rasa yang asam dari cuka dan sedikit pedas.

Satu porsi mie ini dijual dengan harga hanya Rp 3.000 hingga Rp 5.000. harganya yang murah membuat kuliner ini banyak diburu dan diminati. Jika tidak wae takjil, siap siap tidak kebagian kuliner khas ini.

Mi Golosor

3. Manisan Cianjur

Siapa yang tidak tahu dengan makanan khas Cianjur yakni Manisan. Olahan dari buah-buahan ini menjadi oleh-oleh favorit bagi warga luar kota yang kebetulan melintas dan berwisata ke Cianjur.

Tapi makanan ini juga menjadi salah satu menu andalan untuk berbuka di bulan suci ramadhan ini. Beragam macam buah bisa dijadikan manisan, namun manisan mangga, salah, kedondong, pala, dan pepaya tetap menjadi primadona.

Tak hanya diolah menjadi manisan basah, ada juga yang diolah menjadi manisan kering. Meski memiliki dominan rasa manis, rasa khas dari buah yang diolah tetap bisa dirasakan.

Makanan ini cocok untuk disantap saat berkumpul dengan keluarga. Meskipun namanya manisan, ada juga yang diolah dengan kuah pedas.

Kuliner Khas Cianjur Diburu Pendatang

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan makanan khas Cianjur tersebut tidak hanya diminati pembeli lokal, tetapi juga pembeli asal luar kota.

“Ada beberapa makanan khas Cianjur yang selalu jadi buruan di bulan Ramadan. Yang paling populer saat ini ialah Rogan Soup, bahkan pembelinya banyak dari Bogor hingga Jakarta,” kata Herman.

Namun belakangan, Herman mendengar keluhan dari para pedagang. Mereka mengeluhkan kurangnya modal untuk pengembangan produksi.

“Kami akan bantu permodalan dan promosi juga, agar makanan khas ini tidak hanya populer di bulan ramadhan tetapi juga penjualannya sama bagusnya di bulan biasa,” kara dia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Library Cook