Informasi Seputar Masakan Dan Kuliner Terupdate

Library Cook

Kombinasi Sempurna Tren Kuliner Kekinian dengan Teknologi Pangan Yang Canggih

Library CookTak hanya ada di bidang informasi dan komunikasi saja yang berkembang dengan pesat, teknologi kini terus berkembang dan menyentuh kehidupan di semua bidang termasuk pangan pun ikut berkembang. Apabila berminat akan dunia pangan dan pengembangan yang ada, maka siapa saja tentunya boleh saja berkuliah di jurusan teknologi pangan.

Universitas Katolik Widya Mandala yang ada Surabaya (UKWMS) telah memiliki Program Studi (Prodi)Teknologi Pangan di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang sudah berdiri sejak 1986. Selain itu juga, akreditasinya sangatlah unggul.

Pada Jumat, 8 Maret 2024 prodi ini telah meluncurkan program khususnya yakni Culinary & Nutrition. Telah diketahui dari hasil pertemuan dengan para alumni sebelumnya, maupun berbagai pihak yang sudah bekerja sama, memang ada kebutuhan akan lulusan Strata 1 dengan bimbingan keahlian khusus.

Program UKWMS

“Program terbaru ini tentunya akan menjembatani antara minat masyarakat tentang tren kuliner kekinian terbaru yang tiada habisnya ini, dengan hasil olahan teknologi pangan sehari-hari yang juga memperhatikan kadar gizi yang tinggi,” kata Wakil Dekan 1 FTP UKWMS Dr.rer.nat. Ignasius Radix Astadi Praptono Jati, S.TP., MP.

Ilmu teknologi pangan memang umumnya dikenal pengaplikasiannya di pabrik yang telah terakreditasi, atau industri pengolahan pangan besar dengan produksi massal. Sedangkan, lulusan Program Khusus Culinary & Nutrition FTP UKWMS yang nantinya, selain bekerja pada industri tertentu, juga bisa menjadi praktisi serta pengusaha kuliner besar, atau konsultan diet sehat dan lain sebagainya.

Keistimewaan dari program tersebut adalah, di perkuliahan nanti mahasiswa akan dibekali dengan beragam keterampilan khusus. Sedari awal mulai berkuliah, mereka akan dipaparkan pada berbagai informasi seputar tren kuliner makanan global yang sehat dan berkembang hingga sekarang ini.

Kemudian tentunya juga akan diajarkan keterampilan dasar seperti cara menghitung kalori untuk setiap menu yang dibuat. Juga cara memasak makanan yang efektif serta efisien dalam mempertahankan kualitas gizinya yang pastinya akan baik bagi kesehatan.

Nantinya juga, tugas akhir/skripsi mereka berbentuk perencanaan usaha kuliner di segala bidang yang ada. Tentunya sebelum itu juga, akan ada praktik berkerja di restoran, catering, hotel, atau usaha apapun yang ruang lingkupnya ke arah bisnis kuliner.

Demi menunjang kualitas perkuliahan yang baik, Program Culinary & Nutrition FTP UKWMS menjalin kerja sama dengan berbagai pihak pada lingkup nasional dan juga internasional. Di antaranya adalah Woosong University yang ada di Korea Selatan pada departemen Culinary Arts dan Restaurant and Entrepreneurship.

Banyak juga praktisi kuliner profesional yang akan berbagi ilmu pada bidangnya, termasuk juga para chef yang akan mengajar langsung serta membagikan pengalaman yang luas.

“Kurikulum perkuliahannya telah dicermati dengan sangat baik, bahkan juga telah mendapat pujian dari Audrey Wicaksono, Selaku Runner Up Master Chef Indonesia Season 7. Alasannya memang karena hal ini akan menjawab kebutuhan dan bekal keilmuan bagi siapapun yang ingin menjadi chef ataupun praktisi usaha kuliner,” ujar Radix.

Pengharapannya, lulusan program Culinary & Nutrition FTP UKWMS akan menjadi praktisi usaha kuliner yang bertanggung jawab dan juga terlatih pada bidang tersebut. Turut berkontribusi dalam tren kuliner yang bukan hanya menarik tapi juga sehat dan juga bergizi.

Sehingga masyarakat pun dapat semakin menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk selalu menjaga kesehatannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Library Cook